Diskon Kartu Kredit Malah Menjebak, Ah Masak?

Posted on

Sudah bukan rahasia lagi, kartu kredit memberikan banyak keuntungan buat penggunanya. Salah satunya adalah diskon-diskon yang bikin ngiler.Tapi gak sedikit yang bilang diskon kartu kredit malah menjebak. Diskon dan program-program lainnya dibuat hanya untuk akal-akalan.

Berani taruhan, mereka yang mengatakan seperti ini belum tahu betul tentang mekanisme cara kerja kartu kredit. Ini termasuk aturan bunga yang sering dikeluhkan orang.Bunga berbunga, begitu kata mereka. Padahal sudah dijelaskan sejak awal, bunga yang timbul dari pemakaian kartu kredit akan dibebankan pada tagihan berikutnya.

Jika tagihan itu gak juga dilunasi, bunga akan bertambah besar pada tagihan selanjutnya karena tunggakan pun lebih besar. Begitu seterusnya.Ini menjadi peringatan buat mereka yang suka bayar minimum tagihan kartu kredit. Tanpa disadari, hutang ditumpuk dengan cara seperti ini.

 

Punya kartu kredit lebih cepat bangkrut, betul, kalau gak paham penggunaannya (Kartu Kredit / Thestar)Kembali ke soal diskon kartu kredit malah menjebak, gak bisa dimungkiri, memang kadang ada program diskon yang kurang jelas. Misalnya di banner tertulis gede-gede “Diskon 30% Jika Pakai Kartu Kredit ABC”.

Ketika sudah beli, eh, penjualnya bilang gak dapet diskon. Usut punya usut, ada tanda bintang di banner itu: *syarat dan ketentuan berlaku.Ternyata, harus belanja minimal Rp 500 ribu dulu baru dapat diskon. Gubraaaak.

Program Diskon Menjebak
Namun tetap saja, diskon kartu kredit ini gak bisa dibilang menjebak. Sebab memang diskon itu ada, meski ada juga syarat dan ketentuannya. Yang jelas “menjebak” sebetulnya bukan diskonnya, melainkan programnya. Namanya manusia, ketika ada info potongan harga, langsung diserbu deh produknya.Mumpung diskon, begitu alasannya.

Namun memakai kartu kredit hanya karena ada diskon sangat tidak disarankan. Inilah yang bisa dinilai sebagai jebakan.Orang jadi pengin belanja ini-itu ketika tahu lagi ada diskon. Walhasil, kartu kreditnya dieksploitasi habis-habisan.

Ada banyak diskon kartu kredit, siapa yang gak ngiler coba? (Diskon Kartu Kredit / Katalogpromosi)Di satu sisi, program diskon itu memberikan keuntungan karena kita jadi bisa beli barang lebih murah dari biasanya. Di sisi lain, timbul utang yang kalau gak dikontrol bakal tinggi menjulang.Karena itulah kita mesti paham benar aturan kartu kredit.

Jangan sampai hanya asal pakai. Tahu-tahu kena denda aja, langsung protes.Marah-marah bilang penipuan. Padahal memang begitu aturannya. Toh, penggunaan dan aturan kartu kredit sudah diawasi oleh pemerintah lewat Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan.

Artinya, kalau kita menemukan ada suatu aturan yang condong ke arah penipuan, bisa kita laporkan ke lembaga pengawas tersebut. Bank-bank, terutama yang sudah punya nama besar, pastinya gak mau ambil risiko dihukum karena menipu.Bisa-bisa nama mereka jatuh dan gak dilirik lagi oleh nasabah. Yang sering terjadi biasanya adalah oknum-oknum bank yang bermain di sini.

Oknum nakal ada di mana saja, waspadalah! (Kriminal / Viva)Misalnya sales kartu kredit yang memberikan kartu tanpa lewat prosedur standar.

Bahkan tanpa ada permohonan, tahu-tahu dikirimi kartu sakti ini.Kita boleh kok menanyakan pengiriman kartu itu. Yang disarankan sih lewat e-mail, jadi ada bukti autentik soal percakapan tersebut. Dengan begitu, jika kelak terjadi apa-apa yang merugikan, kita bisa komplain dengan bukti percakapan tersebut.

Kartu kredit adalah alat bantu pembayaran. Tanpa pegang berlembar-lembar uang, kita bisa beli smartphone terbaru hanya dengan modal kartu kredit. Dapat diskon lagi.Jadi, kartu kredit bisa menjadi pengganti uang tunai dalam transaksi keuangan agar lebih simpel.

Namun kemudahan ini mendatangkan konsekuensi berupa kewajiban melunasi tagihan tiap bulan. Kalau merasa gak sanggup rutin melunasi tagihan ini, mending gak usah pakai kartu kredit deh.  Yang terkait artikel ini:
[Baca: Kebiasaan Bayar Minimum Tagihan Kartu Kredit Bisa Bikin Celaka]
[Baca: 5 Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan Terhadap Bunga Kartu Kredit ]
[Baca: 4 Strategi Pintar dan Ampuh untuk Komplain Pelayanan Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya]
[Baca: Kartu Kredit yang Bermanfaat Itu Adalah yang Menawarkan Fasilitas-Fasilitas Berguna Seperti Ini…]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *