Ingin menjadi Entrepreneur di Usia muda? Coba simak 10 Tips Ini Deh

Posted on

Berani memulai usaha mandiri memang gak mengenal usia. Meski baru menginjak usia kepala 2, bukan halangan buat belajar membuka usaha. Justru malah bagus dong, lebih cepat justru semakin baik.Kenapa usia muda harus dipupuk jiwa entrepreneurship-nya? Ya agar kelak kamu memiliki mental baja dan strategi bisnis yang mumpuni.

Jangan muluk-muluk dulu pengin bisnismu langsung menghasilkan laba yang gede. Jalani semua dengan tekun. Pebisnis yang tangguh adalah mereka yang memulai semuanya dari nol.
Kalau kamu yang berusia 20-an sudah punya bisnis sampingan kecil-kecilan, itu bagus. Sementara kamu yang masih memiliki rencana atau angan-angan, kapan lagi kalau gak sekarang?Yuk, simak dulu nih tips buat kamu yang hendak beranjak menjadi pebisnis sukses. Jangan sampai kelewatan satu poin pun ya!

[Baca: Mau Usaha tapi Kepentok Modal, Yuk Coba Pakai 4 Situs Crowd funding di Indonesia Ini]

1. Jangan dengarkan kata mereka

Kalau ada yang nyinyir, pesimis atau mencela bisnismu, cuekin aja. Semua kamu yang menjalani, jadi jangan buang waktumu cuma buat mendengarkan mereka.

entreprenur usia muda

Menaklukkan diri sendiri itu yang paling susah Sah-sah saja untuk meminta masukan dari keluarga atau teman yang lebih dulu terjun ke dunia bisnis. Tapi ingat, semua keputusan ada di tanganmu dan belum tentu masukan dari mereka bakal sesuai dengan kondisimu. So, pilah-pilah lagi setiap masukan yang kamu dapat.

2. Ide bisnis bisa datang dari mana saja

Lagi makan pecel lele, tiba-tiba kepikiran untuk budidaya lele. Atau lagi membeli sayur di pasar, tiba-tiba terbersit ide untuk bikin usaha sayuran organik. Semua ide bisnis bisa datang dari mana saja.  Bahkan ide kadang datang di saat waktu dan tempat yang gak terduga. Bakal lebih gampang lagi jika kamu punya hobi yang ditekuni.

3. Cari peluang walau sekecil apapun

Peluang walaupun kecil ternyata bisa dimanfaatkan loh. Misalnya kamu punya bisnis katering rumahan. Kebetulan tetanggamu punya acara selamatan. Ya kenapa gak coba mengajukan tawaran? Gak ada salahnya jemput bola dan bersikap proaktif. “Duh, ide sudah ada, cari modal di mana nih?” 

 

4. Jangan takut dengan modal

Modal memang masalah klasik. Tapi tahukah kamu kalau hampir semua pebisnis sukses selalu mulai dari nol? Bahkan Steve Jobs yang sudah jadi legenda pun memulai bisnisnya dengan uang pinjaman dari teman dan keluarga. Intinya adalah, jangan takut soal modal. Banyak kok usaha yang hanya butuh modal ratusan ribu rupiah. Tapi itu semua kembali lagi ke kebutuhanmu. Banyak cara yang bisa ditempuh untuk mencari modal tanpa harus repot. Misalnya dengan mencari pinjaman KTA dengan bunga rendah dan syarat mudah.

[Baca: Gak Punya Modal Bukan Alasan Buat Gak Membuka Usaha Sendiri, Lakukan Cara Ini Deh!]

5. Survei, eksekusi, jalani

Ok, ide bisnis dan modal sudah mantap. Jangan lupa soal survei dong. Ini juga bisa menjadi semacam business plan-mu. Ini penting buat melihat peta kekuatan kompetitor, agar kamu punya strategi bisnis yang bisa bersaing. Misalnya saja si kompetitor A gak mencakup distribusi di daerah X, kamu bisa tuh memanfaatkan peluang tersebut. Kalau strategi sudah siap, tinggal eksekusi dong. Gak perlu terlalu agresif yang penting pelan tapi pasti.

6. Disiplin dalam keuangan, walau cuma satu rupiah

Banyak usaha gulung tikar karena gak mampu mengelola keuangan. Misalnya, profit gak sebanding dengan cost operasional. Atau malah antara ongkos operasional dan laba gak dipisahkan. Ini jelas berbahaya.

Lihat saja putra Jokowi, membangun bisnis dari nol tanpa bantuan bapaknya Kalau cara tersebut dipertahankan, gak butuh waktu lama sampai usahamu kolaps. Setiap pengeluaran entah itu produksi atau operasional wajib dicatat dan dipisahkan dari uang pribadi. Begitu ada profit, masukkan lagi ke dalam modal untuk diputar.

7. Ketakutan adalah musuh terbesar

“Duh, gimana nanti kalau bangkrut atau merugi, bisa-bisa modal hilang.” Kalimat kayak gitu sudah pasti banget menghantui kamu yang hendak terjun ke bisnis. Ketakutan tersebut memang wajar, karena ya kebangkrutan itu bisa menimpa setiap bidang usaha. Tapi, kalau ketakutan tersebut terus disimpan, yang ada malah gak maju-maju dong.

8. Jangan lupa membagi waktu

Bisnis sampinganmu mungkin belum bisa menopang seluruh keuanganmu. Makanya kamu harus pintar membagi waktu antara pekerjaan utama dan usaha sampingan. Jangan sampai keduanya malah berantakan gara-gara mismanagement.

[Baca: Mau Buka Usaha Kecil-Kecilan dengan Modal Gak Lebih dari Rp 10 Juta, Tapi Tabungan Gaji Jadi Karyawan 

9. Kalau gagal, bangkit lagi dari nol

Presiden Jokowi sudah dikenal sebagai entrepreneur furnitur bahkan jauh sebelum jadi pejabat tinggi. Bisnisnya gak berjalan mulus loh. Bahkan beliau sampai gagal tiga kali. Lantas apa yang dilakukan? Ya bangkit lagi, coba lagi, usaha lagi sampai mencapai titik tertinggi.

10. Jangan cuma mengalir saja

Bisnis jangan dibiarin ngalir kayak air dong. Kalau bisa malah kamu harus melawan arus. Bahasa gaulnya sih, anti-mainstream. Kalaupun bisnis harus sama dengan kompetitor, ya ciptakan dong keunikanmu sendiri. Nah, sayangnya tips di atas gak bakal ngaruh kalau kamu juga gak bekerja keras dan tahan banting. Terjun ke dalam bisnis jangan setengah-setengah dong.

Cari Pinjaman Modal Usaha yang Gak Pakai Ribet dengan Bunga Rendah? Ajukan Sekarang Juga di Sini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *