Tips Mudah Menghindari Investasi Bodong

Posted on

Maraknya penipuan berkedok investasi atau yang lebih dikenal dengan investasi bodong harus membuat kamu lebih teliti dan waspada. Jangan mudah percaya dengan iming-iming keuntungan selangit. Sebelum menempatkan dana, penting bagi kamu untuk mengetahui dengan detil dan jelas tentang skema investasi yang ditawarkan.

Bagi kamu yang ingin memulai investasi, mungkin ada baiknya untuk memperhatikan tips dari Vice President PT Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra berikut ini:

1. Jangan langsung menerima

Kamu harus selalu bertanya dan mempertanyakan setiap penawaran investasi yang ditawarkan. Apa keuntungannya, dan apa resikonya. Tidak ada satu investasi pun yang 100% aman. Dimana ada keuntungan, pasti ada resiko yang bisa didapat. Oleh karena itu kamu harus lebih detil dan teliti.

2. Cek dan re-cek penawaran investasi

Kamu harus selalu mengkonfrontir semua penawaran investasi dengan orang-orang yang lebih mengetahui, atau bisa juga dari sumber lain seperti internet dan buku. Pastikan institusinya terdaftar resmi. Pengelola atau manajer investasinya terpercaya, dan yang terpenting juga penawaran keuntungan dan resikonya masuk akal.

3. Waspada dengan penawaran investasi yang melebihi bunga deposito bank

Kamu harus mengetahui apa dasarnya penawaran investasi tersebut bisa melebihi deposito. Investasi tersebut dikembangkan dimana, dan apakah masuk akal. Logikanya kalau investasi itu benar-benar sangat menguntungkan, mengapa harus menawarkannya kepada orang lain?. Meskipun  sejatinya memang ada investasi yang keuntungannya melebih deposito. Selalu gunakan logika dan nalar sederhana kamu.

4. Curigai semua investasi yang tidak memberikan resiko apapun

Tidak ada investasi yang tanpa resiko, bahwa investasi tersebut tidak akan berkurang nilainya suatu hari. Semua investasi pasti mengandung resiko. Oleh karena itu kewajiban dari kamu untuk mengelola resikonya, dengan cara menggali informasi sebanyak-banyaknya. Lebih baik repot diawal, daripada terjerumus ke dalam investasi bodong.

5. Verifikasi keabsahan investasi

Semua perusahaan yang mengelola dana masyarakat harus mempunyai izin dari departemen keuangan dan izin lembaga terkait lainnya. Semua perizinan harus dicek langsung ke departemen tersebut dan lembaga terkait lainnya. Jangan pernah berinvestasi pada lembaga yang tidak berizin, walaupun menawarkan keuntungan besar. Jika memang ada yang seperti itu, sudah dipastikan merupakan investasi bodong.Jika ada idion teliti sebelum membeli, begitu pula dengan investasi. Jadi jangan sampai beli kuncing dalam karung, dan terjebak investasi bodong ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *